Default 728x90
jelajah trek sepeda bersama lifestyles bikers jelajah trek sepeda bersama lifestyles bikers
Dok. Pribadi Egoll

Bersepeda tentunya lebih menyenangkan jika kamu melakukannya bersama-sama. Jika kamu memang menginginkan itu, memasuki sebuah komunitas adalah hal yang tepat. Kegiatan dalam sebuah komunitas olahraga, selain sehat juga menyenangkan. Seperti salah satu komunitas pecinta sepeda gunung yang bernama Lifestyles Bikers.

Lifestyles Bikers yang biasa disingkat LS ini lahir pada tahun 2010. Komunitas ini berawal pada tahun 2009 di mana beberapa orang sering bersepeda bersama ke berbagai trek di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali. Dari situ ada keinginan mengumpulkan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Secara perlahan anggota bertambah menjadi 80 orang dalam waktu 2 tahun, tentunya mereka memiliki 1 hobi yang sama yaitu bersepeda gunung.

Dok. Pribadi Egoll

Meskipun mereka memiliki hobi bersepeda gunung, ternyata anggota komunitas ini memiliki hobi olahraga yang beragam, seperti roadbike, lari, renang, bermotor, mobil, aeromodeling dan olah raga lainnya. Baik hobi bersepeda gunung maupun hobi-hobi lainnnya tersebut dijalankan untuk having fun bukan untuk berkompetisi, terlebih dengan sesama anggota. Maka itu, anggota LS ada yang mengikuti ajang olahraga lainnya seperti marathon, duathlon, triathlon, tour sepeda, audax yang semua tidak mengatasnamakan LS, melainkan secara individu. Tujuan mereka pun bukan untuk kemenangan atau mencari prestasi, namun untuk mengalahkan diri sendiri.

Anggota LS sering mencoba trek-trek baru, karena merupakan kepuasan bagi mereka saatbisa mencoba hal baru, terutama trek bersepeda yang baru.

“Teman-teman selalu ingin terus mencoba trek- trek baru di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Bahkan ada beberapa teman bermain sampai jauh ke luar negeri seperti ke Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand, Jepang, Eropa, Hong Kong dan Himalaya untuk bersepeda gunung juga roadbike,” ujar Arno Himawan Egoll atau yang kerap disapa Om Egoll.

Dok. Pribadi Egoll

LS juga memiliki kegiatan rutin yaitu Nite Ride. Sejak tahun 2009, mereka sudah sering melakukan Nite Ride pada setiap bulan puasa di trek-trek seputar Jabodetabek dan kawasan Puncak. Di tahun 2010 hingga 2012 merupakan puncak dari kegiatan bersepeda LS. Kegiatan LS tidak pada setiap weekend saja, tapi juga 2-3 kali saat weekday, untuk mencoba trek-trek yang tidak jauh dari Jakarta, seperti Kawasan Puncak, Bandung, Tangkuban Perahu, Garut, dan Palintang.

Dari awal 2013 hingga 2016 kegiatan teman-teman LS beragam, karena banyak teman-teman LS yang lebih menjalani olah raga lainnya seperti lari, roadbike dan kegiatan bersepeda gunung bersama tidak rutin dilakukan setiap minggu. Tapi tetap cukup banyak teman-teman yang masih terus gowes bersama MTB ke gunung-guning dan menggunakan jersey LS yang setiap tahun sejak 2010-2015 selalu dibuat.

“Saya dan istri yang justru jarang turut bergabung dengan teman-teman dikarenakan kepindahan kami tidak tinggal lagi di Jakarta, tapi tetap di waktu yang memungkinkan turut gowes mtb (mountain bike) bersama LS baik ke Puncak, Bandung, Jogja, Danau Toba dan Rinjani. Selebihnya saya menikmati hobiMTB ini berdua istri ke mana-mana. Saat saya Februari kemarin kembali ke Jakarta, jadi memiliki waktu kembali bersama teman-teman untuk gowes MTB,” tambah Om Egoll.

Kegiatan rutin LS dalam bersepeda gunung di tahun 2016 diawali sejak Januari bermain ke Puncak, Bandung, Jogja, Singapore, Hong Kong dan trek seputaran Jakarta dan melakukan kegiatan Night Ride di trek off-road. Saat ini member yang kembali aktif sudah lebih dari 70-an dan sepakat membuat jersey LS 2016 yang akan dipakai saat gowes bareng yang rencananya di bulan Agustus depan nanti.