Default 728x90
menikmati liburan di titik 0 kilometer indonesia menikmati liburan di titik 0 kilometer indonesia
blogger

Libur lebaran memang paling tepat jika berkunjung ke tempat destinasi wisata di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak destinasi wisata indah. Indonesia memiliki beberapa titik 0 kilometer. Titik 0 kilometer merupakan sebuah penanda geografis yang ada di Indonesia. Titik 0 kilometer di Indonesia ditandai dengan sebuah tugu yang biasa disebut Monumen Kilometer 0. Sesuai dengan slogan Indonesia yaitu “Dari Sabang sampai Merauke”, terdapat dua titik 0 kilometer di Indonesia yang bertempat di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam dan Merauke, Papua.

1. Monumen Titik Nol Kilometer, Sabang. Nanggroe Aceh Darussalam



Tugu titik 0 kilometer ini berada di sebelah barat Indonesia. Tugu ini menjadi penanda wilayah terujung untuk negara Indonesia. Dilansir menurut detik.com, terdapat sebuah monumen sebagai penanda titik 0 kilometer yang terletak di ujung utara Pulau Weh. Monumen ini merupakan bangunan menara berbentuk silinder dengan tinggi 22,5 meter. Dari monumen ini akan disuguhkan pemandangan laut yang membentang luas.

2. Tugu Kembar, Merauke, Papua.



Tugu kembar di Merauke, Papua ini terletak di distrik Sota yang berjarak sekitar 80 km dari kota Merauke. Tak jauh dari Tugu Kembar Sabang-Merauke, kurang lebih 500meter. Berdiri sebuah tugu setinggi kira-kira 1,6meter yang diresmikan pada bulan November 1983. Batas tanda ditetapkan dengan koordinat posisi lintang selatan 8 derajat 25’ 45” dan bujur timur 141 derajat 01’ 10”. Tugu ini berada di kawasan tak bertuan, namun sering digunakan warga sekitar sebagai jalan setapak untuk kegiatan ekonomi.

Nah, itu dia tempat liburan yang mungkin kamu belum tahu. Selain kamu bisa menikmati panorama yang disajikan di tempat-tempat tersebut. Kamu juga bisa menjadi wilayah terujung dari Indonesia, kan?