Default 728x90
4 mitos tentang menstruasi yang seharusnya tidak dipercaya para wanita 4 mitos tentang menstruasi yang seharusnya tidak dipercaya para wanita
isengnulis.id

Larangan-larangan yang sampai secara turun temurun sering kali menjadi penyebab terjadinya bias dalam penyampaian informasi. Penjelasan yang kurang lengkap atau maksud yang tidak tersampaikan secara tepat merupakan masalah yang dihadapi atas timbulnya mitos-mitos ini. Bahkan pada masalah menstruasi juga terdapat beberapa mitos yang sebelumnya dianggap benar oleh para wanita. Berikut beberapa mitos yang seharusnya tidak dipercaya lagi oleh para wanita

1. Menstruasi membuat tubuh lemah.

Faktanya, menurut hasil penelitian rata-rata pada saat menstruasi, darah yang dikeluarkan oleh tubuh hanyalah 50-150 ml , atau sekitar 4-6 sendok. Jadi tidak benar kalau tubuh melemas hanya karena darah yang keluar pada saat menstruasi. Jikapun terasa lemas, pasti karena ada gangguan fisik lainnya.

2. Menstruasi menyebabkan sakit

Menstruasi adalah proses alami yang dialami perempuan pada masa produktif. Menstruasi menandakan bahwa sistem reproduksi wanita berlangsung dengan normal, dan seorang perempuan dalam keadaan sehat. Kalau masalah keluhan nyeri saat menstruasi bisa disebabkan oleh posisi rahim. Kalau posisi kamu menyebabkan leher rahim terjepit, maka akan menimbulkan keluhan nyeri.

3. Minum softdrink dapat melancarkan menstruasi

Lancar atau tidaknya menstruasi sebenarnya dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu hormon dan faktor psikis seseorang yang mungkin pada setiap wanita itu tidak mungkin sama. Jadi faktanya, dengan minuman-minuman softdrink tidak ada hubungannya dengan kelancaran menstruasi.

4. Dilarang minum air es atau air kelapa

Faktanya, minum air kelapa atau minum dingin (air es) saat menstruasi sah-sah saja. Namun, minum air es atau air kelapa bisa menimbulkan rasa penuh atau kembung pada perut saat menstruasi sehingga membuat kamu merasa lebih tidak nyaman.

Mitos-mitos ini memang tidak seharusnya dipercaya oleh para wanita, namun sebaiknya hal-hal tersebut diperhatikan untuk kesehatan tubuh kamu, Ladies! Tidak hanya pada saat menstruasi, namun juga di luar hari menstruasimu.