Default 728x90
tips mengatasi keputihan untuk ibu hamil tips mengatasi keputihan untuk ibu hamil
cdn.hotspot.net

Keputihan biasanya terjadi pada wanita akibat perubahan hormon serta aliran darah pada area rahim dan juga area kewanitaan, yang dapat mengakibatkan meningkatnya proses sekresi pada area kewanitaan. Pada umumnya, keputihan merupakan hal yang normal jika tidak menimbulkan rasa gatal, nyeri, panas dan juga kemerahan.

Penyebab keputihan yang paling umum ialah masalah pada kebersihan area kewanitaan.

Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Begitu pula dengan ibu hamil. Biasanya ibu hamil tidak terlalu peduli dengan keputihan karena hal ini tidak terlalu mengganggu aktifitasnya. Namun, tanpa disadari keputihan pada ibu hamil dapat menyebabkan masalah yang cukup fatal. Bayi lahir prematur, ketuban pecah dini, bahkan keguguran adalah resiko yang dapat terjadi apabila keputihan terjadi pada ibu hamil.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Cara mengatasi keputihan saat hamil bisa dilakukan dengan cara yang alami dan aman bagi sang ibu atau pun janin di kandungan. Berikut ini cara mengatasi keputihan untuk ibu hamil.

1. Menjaga kebersihan organ intim

Untuk mengatasi keputihan pada ibu hamil, sang ibu harus menjaga kebersihan pada organ intim. Jangan biarkan organ intim menjadi lembab. Karena hal ini bisa membuat bakteri-bakteri berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan keputihan. Lalu, setelah buang air besar dan buang air kecil, harus dibilas dengan bersih dan benar. Gunakan tissue basah untuk membersihkan cairan keputihan. Karena tissue basah ini berstruktur lembut sehingga aman untuk organ intim kewanitaan.

2. Melakukan olahraga, dan menerapkan pola makan yang seimbang

Melakukan olahraga dan menerapkan pola makan yang seimbang dapat membantu ibu hamil dalam mengatasi keputihan. Paling tidak lakukanlah olahraga minimal 2 kali dalam seminggu secara teratur. Lalu, mengkonsumsi makanan yang sehat seperti minum susu, atau juga yoghurt dapat membantu mengatasi masalah keputihan karena kandungan alami didalamnya adalah bakteri baik yang bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri candida didalam organ intim.

3. Jangan gunakan sabun pembersih

Hindari penggunaan sabun pembersih untuk organ intim kewanitaan. Karena sabun pembersih ini memiliki kadar Ph yang sangat tinggi sehingga akan menyebabkan organ intim menjadi sangat kering, sehingga akan memicu timbulnya keputihan.

4. Pilih celana dalam berbahan katun

Penggunaan bahan katun untuk celana sangat disarankan, karena bahan katun merupakan bahan yang mudah menyerap keringat sehingga tidak akan membuat bagian organ intim menjadi lembab. Hindarkan juga penggunaan celana dalam yang terlalu ketat karena akan membuat keputihan semakin parah.

5. Daun sirih

Menggunakan bahan alami, seperti daun sirih sangat dianjurkan untuk mengatasi keputihan karena daun sirih mengandung anti-bakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab keputihan.

Jika cara-cara tersebut dilakukan secara teratur, maka para ibu hamil dapat mengatasi masalah keputihan. Dengan begitu, kesehatan organ intim, serta kesehatan janin juga akan terlindungi dari bakteri-bakteri yang menyebabkan keputihan tersebut.