Default 728x90
8 hal pemicu kamu sering marah tanpa sebab 8 hal pemicu kamu sering marah tanpa sebab
pexels.com

Menjaga emosi bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang. Terlebih di bulan puasa ini, guys! Menjaga agar emosi kita tetap stabil di berbagai situasi memang sangat sulit. Kita harus mampu berdamai dengan keadaan yang tidak jarang ada saja hal kecil yang kembali menyulut emosi kita.

Emosi yang memuncak ini akan memperburuk suasana dan tentunya mempengaruhi hubunganmu dengan orang lain di sekitar. Untuk itu jika kamu merasa mudah tersulut emosimu pada hal-hal kecil, kamu harus mengetahui cara mengendalikan emosi kamu yang tidak stabil.

Cara mengendalikan emosi yang paling baik adalah dengan melihat akar masalahnya. Kamu harus mengetahui pemicu emosi kamu? Berikut faktor yang mungkin menjadi penyebab emosimu tidak stabil.

1. Ketidakseimbangan Hormon Di Otak

Otak memiliki bagian khusus yang mengatur emosi manusia yaitu amigdala. Saat kamu stress, amigdala membuat kelenjar endokrin (kelenjar yang menghasilkan hormon) melepaskan sejumlah hormon corticotoprin dan hormon-hormon stress (kartisol). Hormon-hormon ini akan tinggal dalam tubuh berjam-jam lamanya. Saat kamu kembali stress dalam waktu singkat maka akan terjadi penumpukan hormon stress (karena hormon akan diproduksi setiap kamu stress). Penumpukan hormon ini yang akhirnya membuat kamu mudah panik atau gampang marah saat terprovokasi hal kecil.

2. Kondisi Usus Yang Penuh Dengan Bakteri Jahat

Sebuah penelitian akhirnya mengungkapkan bahwa kondisi bakteri baik dan jahat dalam usus bisa mempengaruhi mood kamu, lho! Terlalu banyak bakteri jahat dalam usus akan membuat mood menjadi buruk dan membuatmu kesulitan mengendalikan emosi.

Supaya tidak terjadi hal ini, kamu harus cek pola makan kamu karena penyebab bakteri jahat menumpuk salah satunya dari kakanan yang kamu konsumsi. Kalau kamu susah mengontrol emosi, tinggal diingat saja kamu makan apa sebelumnya.

3. Hubungan Cinta Yang Tidak Sehat

Jika kamu sedang menjalin hubungan dengan seseorang dan sudah tidak happy atau terlalu banyak masalah dalam hubungan kalian, ini bisa jadi penyebab kamu suka emosi. Tidak Cuma berantem sama pacar saja, kamu bakal mudah emosi ke hal-hal lain, bahkan orang lain. Selain itu, patah hati juga menjadi penyebab terbesar kenapa kamu susah mengendalikan emosi.

4. Penumpukan Stress

Saat kamu sedang sangat stress, tubuhmu ternyata bisa lemah karena tidak dapat menanggung stress yang kamu rasakan. Dan saat stress sudah mencapai puncaknya, kondisi emosimu bisa berubah menjadi tidak stabil.

5. Pola Perilaku Yang Dipelajari Dari Keluarga

Emosi yag mudah meledak dan mood yang naik turun (mood swing) bisa jadi merupakan dampak dari tidak ada contoh yang baik dalam keluarga. Didikan sejak kecil atau kondisi dalam keluarga juga menentukan tindakan seseorang saat dia dewasa.

6. Kurang Tidur

Kurang tidur bisa bikin mood kamu bisa jelek seharian. Kalau kamu terlalu lelah namun tidak tidur dengan cukup, rasanya beban di tubuh kamu meningkat dua kali lipat. Ini hal yang bisa membuatmu mengantuk, suntuk, dan gampang tersulut emosi. Untuk itu, agar memiliki kondisi fisik dan mental yang baik, kamu harus tidur setidaknya 8 jam di malam hari.

7. Efek Samping Pemanis Buatan

Ternyata makanan dan minuman olahan yang mengandung pemanis buatan atau aspartam bisa buat kamu mudah emosi, lho! Aspartam yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi methanol. Kuantitas methanol yang berlebih dalam tubuh bisa membuat kamu keracunan. Salah satu gejalanya adalah mudah emosi! Kalau kamu ingin membeli minuman ringan seperti ini ada baiknya hati-hati, dari pada kamu naik pitam dan buat orang kabur.

8. Diet dan Tidak Makan Dengan Cukup

Diet sah-sah saja dilakukan, tapi jangan sampai kebablasan dan buat kamu mengurangi porsi makan berlebihan (atau bahkan takut melihat makanan). Saat tubuh kamu kurang asupan dan terjadi penurunan kalori dalam makananmu, akan berdampak pada perubahan mood yang drastis.

Nah, kamu sudah tau kan hal-hal apa saja yang dapat memicu emosimu naik tanpa sebab? Untuk itu mulailah dengan bergaya hidup sehat agar emosimu mudah dikontrol.