Default 728x90
3 olahraga ini justru bisa bikin kamu sakit punggung 3 olahraga ini justru bisa bikin kamu sakit punggung
netdoctor.co.uk

Olahraga memang baik untuk kebugaran tubuhmu dan menjadi hal penting bagi kamu yang ingin membentuk tubuh ideal. Namun, tahukah kamu beberapa olahraga ternyata bisa mengakibatkan masalah bagi kesehatan punggungmu.

1. Squat



Squat memang efektif untuk mengencangkan otot tubuh bagian bawah. Namun olahraga satu ini sulit dilakukan dengan postur tubuh yang benar. Jika kamu sudah terlatih untuk melakukan gerakan tersebut, maka tidak masalah. Namun jika belum terbiasa melakukannya,  sebaiknya hindari gerakan ini. Karena postur yang salah justru akan memberikan efek tidak baik  bagi kesehatan punggungmu. Kamu bisa coba lakukan gerakan lain yang lebih aman seperti wall-sit.

2. Sit Up



Sit-up merupakan olahraga yang populer untuk membentuk otot perut. Namun ternyata sit -up hanya mampu melatih 20% dari otot perut, dan malah memberikan tekanan yang tidak perlu bagi ruas-ruas tulang punggung yang bisa mengakibatkan sakit punggung. Lebih baik lakukan variasi gerakan plank yang lebih efektif membentuk otot perut.

3. Lompat Tali



Skipping atau lompat tali juga dikenal efektif membentuk otot tubuh dan membakar kalori. Namun olahraga ini juga memberikan tekanan yang berulang-ulang bagi sendi-sendi tulangmu yang memicu sakit punggung hingga nyeri sendi pada bagian lutut. Maka sebaiknya kamu melakukan olahraga kardio lain seperti berenang.

Nah, terbongkar sudah kan alasan kamu sering nyeri atau sakit di bagian punggung? jika kamu sering melakukan olahraga tersebut sebaiknya kurangi jumlah intensitas latihannya dan ganti dengan olahraga lain yang lebih aman. Meski tujuan utamamu adalah mencapai bobot tubuh ideal, kamu tetap tak boleh melupakan kesehatan tubuhmu yang lain ya.