Default 728x90
mau sehat konsumsi sayuran berwarna ungu mau sehat konsumsi sayuran berwarna ungu
dokterku.co.id

Healthy meal atau makanan sehat sudah menjadi sebuah kebiasaan hidup masyarakat urban. Makanan sehat ini akan terus populer di tahun 2017. Jika tahun 2016 makanan sehat selalu identik dengan warna hijau, mulai dari green tea sampai sayur kale yang disebut sebagai salah satu super food.

Untuk tahun 2017 tren makanan sehat yang akan populer adalah sayur dan buah-buah berwarna ungu. Beberapa ahli berpendapat buah dan sayur berwarna ungu akan populer karena antioksidannya yang sangat tinggi.

Nah, berikut ini adalah daftar sayur dan buah warna ungu.

1. Mangga Irwin


Mangga irwin merupakan jenis yang dikenalkan dari Australia. Jenis mangga ini menyuguhkan sensasi rasa yang cenderung berbeda dibandingkan dengan mangga lokal Indonesia. Tekstur daging buahnya padat, agak berair, berserat cukup halus, dan mengandung sedikit tepung. Rasanya pun manis bercampur asam dengan aroma buah yang khas mirip kweni.

Mangga ini memiliki tampilan yang menarik, terutama buahnya. Buah yang sudah matang (tua) berwarna merah pada pangkalnya dan kuning pada ujung buah. Buahnya berbentuk bulat lonjong dan beratnya 200—500 g/buah.

Warna merah pada buah mangga ini muncul disebabkan adanya hormon antosianin. Mengkonsumsi sebuah mangga ukuran sedang, sudah mencukupi dua kali kebutuhan vitamin C harian, dua pertiga vitamin A, setengah vitamin E, dan seperempat serat. Buah ini juga memiliki kadar potasium, besi, dan asam nikotinik, yang secara keseluruhan merupakan antioksidan yang mudah dicerna.

2. Kentang Ungu


Kentang ungu ini lebih sehat dari pada kentang biasa karena mengandung antioksidan 10 kali lebih tinggi. Kentang yang diberi nama Purple Majesty ini memiliki warna ungu gelap dan mengandung antosianin, jenis antioksidan, yang lebih kaya. Kentang ini dikembangkan dari kentang biasa yang diciptakan oleh ilmuwan dari Colorado State University, Amerika Serikat.

Ide kentang ungu ini berasal dari khasiat anggur merah terhadap kesehatan karena tingginya kandungan antioksidan. Hal yang sama terdapat pada kentang ungu ini. Penelitian menunjukkan efek positif terhadap pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Tomat Ungu


Tomat Ungu adalah hasil rekayasa genetika yang memiliki kandungan vitamin dan keunggulan yang mirip dengan buah blueberry. Pigmen ungu, (anthocyanin) dalam tomat warna ungu yang unik ini, dipercaya merupakan sejenis antioksidan yang mampu melawan sel kanker pada manusia. Hal ini telah terbukti setelah dilakukan uji coba pada hewan.

4. Jagung Ungu


Jagung yang satu ini warnanya ungu gelap kehitaman. Konon rasanya tidak berubah dari rasa jagung biasanya, hanya saja warnanya memang berbeda.

Jagung ini, seperti dilansir oleh IndiaTimes adalah produk pengembangan makanan masa depan, yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Jagung ini dapat menyembuhkan diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal.

Saat ini jagung ini hanya tumbuh dan dikembangkan di daerah Peru dan Cili, di mana warna ungunya disebabkan oleh kandungan antosianin (sejenis flavonoid) yang juga merupakan zat anti diabetes. 

5. Wortel Ungu


Selama ini wortel lebih dikenal dengan warna orange-nya yang menggemaskan. Namun, jauh sebelum wortel orange populer, wortel ungu ini ternyata sudah pernah populer dan menjadi sayuran yang diandalkan pada abad ke 16 di sepanjang Asia dan Timur Tengah. Wortel ungu ini adalah wortel yang tumbuh liar, umumnya pendek dan langsing.

Lindsay Brown, seorang profesor Biomedical Science di University of Southern Queensland mengatakan bahwa wortel ungu ini tidak kalah khasiatnya dibanding wortel yang sekarang ada. Bahkan, wortel ungu lebih kaya antioksidan karena warna ungunya yang alami. Dengan diet wortel ungu dan latihan fisik teratur, keluhan seperti penyakit jantung, liver, diabetes, dan tekanan darah tinggi bisa diatasi.

6. Cabe Ungu Purple Bhut Jolokia


Cabe ini rasanya sangat pedas bahkan masuk golongan terpedas di dunia, masih saudaranya Red Bhut Jolokia atau cabe setan yang pernah menjadi terpedas pada tahun 2007, cabe unik ini berwarna ungu cerah.

7. Kembang Kol Ungu


Warna ungu di kembang kol ini disebabkan oleh kehadiran anthocyanin kelompok antioksidan, yang juga dapat ditemukan dalam kubis merah dan anggur merah. Varietas termasuk ‘Graffiti’ dan ‘Purple Cape’.

8. Kubis Ungu


Kubis ungu, lebih dikenal sebagai kubis merah, merupakan varietas warna-warni dari keluarga brassica. Kubis ungu memiliki rasio yang relatif tinggi nutrisi dan vitamin untuk kalori dan lemak, yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi para pelaku diet. Hal ini umum dijumpai dalam salad, coleslaw, dalam sajian makanan dengan direbus dan acar.

Nah, kamu sudah tau kan sayuran apa saja yang berwarna ungu yang ternyata baik untuk kesehatanmu? Ayo, mulai sekarang perbanyak sayuran berwarna ungu agar, hidupmu lebih sehat!